Menyambut datang nya Bulan yg penuh Berkah [Puasa Ramadhan]

July112012
Assalamu'alaikum wr wb

Selamat pagi sahabat ku fillah yg di Rahmati oleh Alloh,sebentar lagi kita kedatangan bulan yg penuh berkah ini,maka dri itu sebelum nya kita persiapkan diri kita ,untuk melakukan hal2 yg lebih baik lgi agar ibadah kita di terima oleh Alloh swt, Alhamdulillah pada kesempatan ini ane bisa nulis Artikel tentang bab puasa, langsung saja ya sobat kita simak artikel nya ,semoga bisa buat bahan pelajaran kita

Puasa Wajib (Ash-shaum)

Keterangan:

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”, al-Baqarah 183

Ash-shaum dalam bahasa artinya menahan diri dari sesuatu dan dalam ilmu fiqih artinya menahan diri dari makan, minum dan segala yang membatalkan puasa dari mulai fajar menyingsing sampai tenggelamnya matahari.

Puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun 2 Hijriah.dan merupakan salah satu rukun islam yang kelima sesuai dengan hadist Nabi saw yang dirwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar ra. Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat. Dan yang paling baik dalam mengisi bulan Ramadhan adalah Rasulallah saw, para sahabatnya dan salafus sholih. Dalam menyabut bulan yang penuh pengampunan ini,

Rasulallah saw suatu hari di akhir bulan Sya’ban bersabda: “Wahai semua manusia, telah datang kepadamu bulan yang agung, penuh keberkahan, didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Diwajibkan padanya puasa dan dianjurkan untuk menghidupkan malam-malamya. Siapa yang mengerjakan satu kebaikan (sunah) pada bulan ini, seolah-olah ia mengerjakan satu kewajiban (fardhu) dibulan-bulan lain.

Siapa yang mengerjakan ibadah wajib (fardhu) seakan- akan mengerjakan tujuh puluh kali kewajiban di bulan-bulan lain “ (Sahih Muslim dari Salman).

Selain yang disebut diatas banyak sekali kelebihan dan keberkahan yang Allah berikan kepada hamba-Nya melalui Ramadhan ini. Dan yang paling istimewa adalah satu malam yang diliputi dengan keberkahan, keselamatan, kedamaian dan rahmat.

Malam yang istimewa itu lebih mulia dan lebih baik dari seribu bulan, dinamakan malam ”Lailatul Qadr”. Rasulullah saw, bersabda, “Barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadr, niscaya diampuni dosa-dosanya yang sudah lewat. (HR Bukhari dan Muslim)

Al Qadr dalam bahasa berarti kemuliaan atau tempat kedudukan yang tinggi, atau dikatakan juga takdir (ketentuan). Ia merupakan tempat menentukan segala urusan dalam setiap tahun Lailatul qadr itu lebih mulia dari seribu bulan.

Coba banyangkan lebih mulia dari 1000 bulan artinya lebih mulia dari 83 tahun. Dan melakukan ibadah pada malam itu pahalanya setara dengan melakukan ibadah 83 tahun. Sedang usia manusia saja belum tentu bisa mencapai 85 tahun. Tentu saja itu merupakan kemurahan. “Sesungguhnya kami menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemulian itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajr” (Al Qadr 1-5)


. Wajib Puasa

Puasa wajib atas orang :

1. Muslim.

Allah tidak berseru kepada orang kafir untuk berpuasa, Dia berseru kepada orang orang beriman

. 2. Berakal

3. Baligh (Dewasa) Tidak wajib bagi anak kecil dan orang gila

sesuai dengan hadist Nabi saw dari Ali bin Abi Thalib ra, sesungguhnya Rasulallah saw berkata: ”Terangkat pena (terlepas dari dosa) atas tiga, anak kecil sampai baligh, orang tidur sampai bangun dan orang gila sampai sembuh dari gilanya” (HR Abu Daud dan Nasai dengan isnad shahih).

Anak kecil yang berusia 7 tahun disuruh berpuasa sekuatnya dan dipukul jika tidak berpuasa kalau sudah berusia lebih dari 10 tahun. Hukum ini berkiyas dari hukum shalat untuk anak kecil

. 4. Kuasa (kuat berpuasa) Artinya tidak wajib bagi orang yang sudah lanjut usianya atau berusia udzur, orang sakit dan orang sakit yang tidak ada harapan kesembuhannya

Allah berfirman: ”Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan”, al-hajj 78

Syarat Puasa

1. Islam
2. Berakal
3. Suci dari haidh dan nifas

Artinya haram bagi wanita yang sedang haidh dan nifas melakukan shalat dan puasa Sesuai dengan hadist Nabi saw yang diriwayatkan dari sa’id al-Khudhri, beliau bersabda ”Aku tidak melihat kekurangan dalam agama kecuali pada wanita, bangun malam tapi tidak shalat dan berbuka di bulan Ramadhan, itulah kekurang dalam agama” (HR Nasai dengan isnad shahih)

4. Niat
Niat ini dilakukan setiap hari sesuai dengan hadist sebelumya ”segala perbuatan harus disertai dengan niat”. Setiap hari puasa Ramadhan merupakan ibadah tersendiri, maka wajib diniati setiap hari Sesuai dengan hadist Nabi saw ”siapa yang tidak meniati puasanya di malam hari, maka tiada puasa baginya” (Hadits Hasan Ad- Darquthni dan lainya).

Adapun puasa sunah boleh diniati di siang hari sebelum waktu dhuhur sesuai dengan hadist Nabi saw dari Aisyah ra, suatu hari beliau pernah bersabda ”Apakah kamu punya makanan wahai Aisyah”, Aisyah berkata ”tidak wahai Rasulallah”, maka beliau bersabda ”Aku berpuasa” (HR Muslim)

5. Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa dari mulai lepas fajar sampai tenggelam matahari

Allah berfriman: ”dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam,” Al-Baqarah 187


Sumber : di ambil dri Kumpulan kitab2 fiqih

Bersambung,,,,,,,,,,,,

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

11 tanggapan untuk "Menyambut datang nya Bulan yg penuh Berkah [Puasa Ramadhan]"

Enda Shyboy  pada 03:14 PM, 11-Jul-12

terimakasih infonya ustadz biggrin

Nasikhun pada 05:45 PM, 11-Jul-12

: ) smile smile
Bisa aja kamu sobat,,,,,thanxs ya udh mampir silaturrohmi d sni

SabiL'z 8 pada 03:00 AM, 12-Jul-12

artikel nya bermanfaat bngt sob, mari kita sambut bulan ramadhan

Nasikhun pada 07:50 AM, 12-Jul-12

Thansx ya shobat udh mampir silaturrohmi,,,,,semoga jalinan silaturrohmi ini tetep langgeng

D M Z pada 09:59 AM, 12-Jul-12

post'a mantab, menyambut puasa bntr lagi smile
di tunggu folloback'a dmz25.heck.in smile

Nasikhun pada 11:15 AM, 12-Jul-12

Oce shobat,,,,thanxs ya udh mampir silaturrohmi nya

Locky pada 10:28 AM, 13-Jul-12

bulan puasa hmpr tiba, mari brmaaf maafan

Nasikhun pada 01:59 PM, 13-Jul-12

He'em sobat,,,,

Indra 87 pada 08:36 AM, 15-Jul-12

Mantap Ndann!!!
DiTunggu
Kunbalnya,Ada New
Post Gan
DI
www.indra87.mywapblog.com

JaNuArZ DhICka pada 10:49 AM, 18-Jul-12

kunJungan Siang master...

Nasikhun pada 11:23 AM, 18-Jul-12

thanxs atas kunjungan nya shobat

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas